Minggu, 16 Januari 2011

#lawas Jaman UN --> UN MALAH NYONTEK ? PIKIR DULU MANFAATNYA..

Di dunia ini, ga mungkin bener smua. Pasti ada yang salah. 
Anehnya, yang salah seringkali diikuti. Yang benar, dijauhi. 
wkwkwk dasar aneh -.- 

dimana-mana, kalau kita mau sukses kuncinya yaa itu lah JUJUR. 
tapi banyak kasus, lagi UN bukannya jujur ngerjain sendiri gitu eh malah tuker-tukeran isi. 
HARI PERTAMA UN, nyampe sekolah jam 7.00 
murid-murid sudah menjamur di sudut-sudut sekolah, di depan ruangan, di wc, di kantin, dimana aja bisa. 
mereka pada nyiapin hp ditangan dan SENDING SENDINGAN pun terjadi. wkwkwk ironis sekali. 
gue iseng2an aja, minta kirimin dong. 
haha ganiat buat nyontek cuman mau tau aja buat pas pembahasan. 
ga guna banget tau ga lu nyontek ! 

jujur, gue ga nyontek. *JUJUR LOH !* 
jujur, gue nervous. antara mau nyontek atau ga. 
alhamdulillah, gue dapet pencerahan. 

sesuatu ngiung-ngiung di kepala gue, sumpaah butek bgt nih otak 
dan si ngiung-ngiung itu jatooh tepat di otak gue. 
gue baca tuh di pikiran gue. 
"buat apa lu nyontek, apa gunanya lu belajar 3 taun ?
lu cuman ngeremind pelajaran dari kelas 7 sampe kelas 9 doang, apa susahnya sih?
buat apa lu belajar cape-cape pulang sore 3 taun kalo ujung-ujungnya lu nyontek ! GA BERGUNA AMAT"
 

nah mulai itu gue sadar, ga perlu gue naro tisu di telinga. 
ga perlu ngumpetin hape. ga perlu bawa kertas. 
hal-hal itu cuman bikin lu DAGDIGDUG pas lagi UN. 
ga nyaman kan kalo kayak gitu ? 
mending nyantaaai aja gitu, cuman berpikir doang apa susahnya ? 
gue aja yang lemot bisa gimana lu yang pada pinter !! 

UN yg sudah-sudah, alhamdulillah gue lancar berkat bantuan dari Allah swt. 
diawali dgn basmallah diakhiri dgn alhamdulillah. 
asalkan kita punya niat ngerjain sendiri, toh kita udah dapet pahala. 
kan kita ga boong hahaha. buat apa membohongi diri sendiri. 

biarkan orang lain nyontek, tapi gue harus individual. gue yakin bisa. 
kata ortu : jangan bawa hape *tapi arin butuh* jangan sekali-kali nyontek *dua kali boleh ga? bercanda ko bu* jangan buat diri kamu bodoh, UN adalah alat ukur kemampuan kamu selama belajar di SMP *perasaan kayak iklan deh*. 
kata eyang/tante/om/sodara/dkk : do your best ! yakin pada diri sendiri. good luck. 
kata PAK MARIO TEGUH : orang yang tenang saat menghadapi UN, ialah orang yang pantas lulus. jadi, stay calm aja ! gausah stres cuy ! 
kata motivator *maaf saya lupa namanya* : jangan bikin kalian negatif. kalian harus bisa. blalala dan sejenisnya. 
kata guru-guru : yakin kalian bisa mengerjakan UN dgn lancar ! 
kata ihsan : bosen denger gue rendah diri. smangat ah. optimis. 
kata zuhair : jangan nyerah dulu mar, apa yg lu katakan bisa aja terjadi. apa yang lu cita-citakan juga bisa tercapai. asalkan lu mau USAHA. 
kata ade-ade kelas ku sang penyemangat : kakak harus yakin kakak bisa ngerjain sendiri. aku yakin kakak bisa jadi yang terbaik asalkan kakak mau belajar. belajar. belajar. bukan online terus :D 
kata kawan-kawan : mau bikin orang tua lu bangga, tunjukin yang terbaik yg lu bisa lakukan. 
kata BARRACK OBAMA : sate sate.. bakso.. nasi goreng.. ;D. eh maksudnya Yes We Can ! 
kata pak mucle *democrazy* : saya UN ga ada yang salah, toh ga ada yg saya isi *lho?* o.O 

sesuai judul.. 
UN MALAH NYONTEK ? PIKIR DULU MANFAATNYA.. 
emang apasih manfaat nyontek ? 
paling juga lu mau dapet nilai gede kan ? 
mau sama kan nilai lu sama temen-temen ? 
mau LULUS kan ? 

okelah, ga usah direnungin jawabannya. 
tapi yg ini harus direnungin.. "DAMPAKNYA" 

kalo misalkan lu lulus UN. 
mtk 10 
b.indo 9.5 
b.inggris 9.5 
ipa 9.75 
tapi hasil nyontek !! 
apa yang lu rasain ? banggakah ? senangkah ? 
udah itu cita2 lu masuk sma favorit tercapai, tapi pas di SMAnya *entah itu tes atau apa* lu ga bisa gmana ? kalo nilai lu ngedown gmana ? SAKIIIIIT BUKAN MAIN ITU ! 

ok, i see. 
mungkin lu seneng kalo lulus, nem lu tinggi, bisa masuk sma favorit. 
TAPI DAMPAKNYA ITU AJA YG BAHAYA 
Bagaimana hari depan lu ? masa depan lu? 
PIKIRKAN ITU.. mumpung UN belom 100% berjalan.. 

Bukannya gue sok gtu ya ga nyontek, tapi yaa cuman memberi himbauan aja ya. 
Apa sih gunanya kalian belajar ? toh demi masa depan kalian itu sih. 
kata guru-guru, orang tua, sesepuh ORANG YANG DARI KECILNYA SUDAH LICIK, GEDENYA MAU JADI KORUPTOR KALI !! 

nah, mungkin cuma itu yg mau gue kasih tau. hehe goodluck for the final exam ;) 
wish the best for us ;) 
ingat yaa yg tadi gue jelasin :D tengkyuu.. 





*ya, inilah curahan hati gue pas hari-hari UN. Jujur, UN UAS dan TES SMA gue ga nyontek!
Salam Manis..
Marini Adani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar